
Di zaman yang modern ini, banyak
sekali perubahan teknologi salah satunya adalah email atau surat
elektronik. Dengan semakin banyaknya penggunaan alat komunikasi yang
semakin canggih, email saat ini sudah menjadi bagian dari aktivitas
sehari-hari tak terkecuali di kantor. Namun tak jarang orang yang
menulis email tanpa memperhatikan penulisan kata-kata didalamnya.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda menulis
email :
- Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke
teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau
pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga,
kalo, dst. Kecuali jika anda benar-benar yakin yang menerima email anda
tidak bermasalah dengan istilah tersebut.
- Selalu gunakan salam. Ada beberapa cara seperti : Dear, Yth, Salam, Regards, dll.
- Jangan pelit menggunakan kata-kata "tolong" dan "terimakasih".
- Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
- Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah), KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak) dan kata dengan huruf tebal.
- Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek apakah terjadi kesalahan penulisan atau tidak.
Demikian beberapa tips penulisan email yang baik, semoga berguna bagi
kita semua dalam berkomunikasi lewat email baik itu formal maupun non
formal.
ConversionConversion EmoticonEmoticon