Tips Menulis Email Yang Baik


Tips Menulis Email Yang BaikDi zaman yang modern ini, banyak sekali perubahan teknologi salah satunya adalah email atau surat elektronik. Dengan semakin banyaknya penggunaan alat  komunikasi yang semakin canggih, email saat ini sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari tak terkecuali di kantor. Namun tak jarang orang yang menulis email tanpa memperhatikan penulisan kata-kata didalamnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda menulis email :
  1. Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika anda benar-benar yakin yang menerima email anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut.
  2. Selalu gunakan salam. Ada beberapa cara seperti : Dear, Yth, Salam, Regards, dll.
  3. Jangan pelit menggunakan kata-kata "tolong" dan "terimakasih".
  4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
  5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah), KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak) dan kata dengan huruf tebal.
  6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek apakah terjadi kesalahan penulisan atau tidak.
Demikian beberapa tips penulisan email yang baik, semoga berguna bagi kita semua dalam berkomunikasi lewat email baik itu formal maupun non formal.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment