Tips Aman Belanja Melalui Internet / Belanja Online

Sekarang ini belanja tak hanya lagi langsung bertatap muka antara si penjual dan si pembeli karena berkat kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini, anda dapat dengan mudah berbelanja online. Hal yang dapat anda beli pun bermacam secara online mulai dari barang elektronik, kecantikan, olahraga, otomotif bahkan barang yang tak anda sangka sekalipun seperti sepeda ontel.
Belanja Online
 Nah, kadang kita merasa ragu untuk memutuskan apakah harus berbelanja secara online atau tidak. Pengganjal ini dapat berupa berbagai macam, seperti harga, keaslian dan yang paling penting adalah keamanan. Poin terakhir tersebut selalu menjadi momok besar bagi yang baru pertama kali belanja online, sama seperti yang admin rasakan pertama kali ketika belanja online. Bagi anda yang sedang galau oleh hal ini, beruntukng sekali anda menemukan blog ini karena kali ini kita akan membahas cara dan tips aman belanja online, simak-simak tips ini dengan baik:
Jangan Tergoda Barang Murah
Ini mungkin salah satu pertimbangan anda ketika berbelanja online, biasanya memang harga barang pada toko online lebih murah karena mereka mendapatkannya langsung dari supllier utama, apalagi jika anda berada di daerah pelosok. Tapi ingat, jangan periksalah kewajaran harganya. Jika harganya sudah lebih murah lebih dari 25% dari harga pasaran anda patut curiga, dan lebih baik membatalkan belanja online anda. Kecuali memang dari toko online terkenal, karena biasanya mereka banyak memberika diskon.
Cari Tahu Si Penjual
Ini juga sangat penting anda lakukan karena dengan mengetahui siapa penjual dapat membuat anda lebih terjamin ketika belanja online. Cara termudah mengetahui jejam rekak si penjual adalah menggunakan google, ketiklah pada search bar google no hp ataupun rekening bank si penjual. Maka akan muncul halaman web yang menyangkut dengan si penjual, lalu pilih salah satu dan lihat apa-apa saja yang kegiatan yang dilakukan si penjual menggunakan rekening maupun no hape tersebut. Anda patut menghentikan berbelanja online dengan si penjual tersebut jika anda halaman web yang menunjukkan bahwa penjual tersebut “tidak benar”
Lihat Situs Penjualan
Jika anda ingin membeli barang dari toko online bukannya melalui jalur personal. Yang harus anda perhatikan adalah situs toko online tersebut, lihatlah reputasi dan testimoni orang lain mengenai situs tersebut, tapi jangan testimoni dari halaman toko online tersebut, tetapi dari situs lain. Saran lain, sebaiknya pilih situs online yang memang sudah cukup besar seperti lazada.co.id ataupun bibli.com
Baca Detail Produk Dengan Baik
Ini perlu anda lakukan agar tak terjadi kesalahpahaman dan anda merasa ditipu, baca dengan baik spesifikasi produk dan apa saja yang akan anda dapatkan ketika membeli produk tersebut. Jangan lupa juga periksa ongkis pengiriman yang harus anda bayarkan. Satu lagi, bandingkan dengan situs belanja online lainnya.
Pilih Cara Pembayaran
Sebaiknya gunakanlah kartu kredit sebbagai alat pembayaran daripada menggunakan debit. Alasanya karena jika sewaktu-waktu anda ternyata ditipu dan anda dapat membuktikannya, anda kemungkinan besar dapat mengembalikan uang tersebut, berbeda halnya jika anda menggunakan debit, kemungkinanya sangat kecil.
Simpan Bukti Pembayaran
Ini penting anda lakukan jika sewaktu-waktu ternyata belanja online anda bermasalah. Apalagi jika sudah masuk ke ranah hukum, ini dapat berguna sebagai alat bukti.
Ragu? Mundur!
Ini harus anda terapkan ketika berbelanja online apalagi jika anda merasa sudah tak wajar dengan kegiatan belanja anda. Anda pasti tak mau jika uang anda hilang sia-sia kan?
Tetap Tenang dan Rasional
Sebagai tambahan, jangan terburu-buru ketika berbelanja online apalagi ketika anda melihat diskon yang waktunya tinggal 30 menit atau sedikit lagi akan berakhir, pada saat itu gunakanlah akal sehat anda. Dan tetap perhatikan tips-tips diatas.
Itulah cara dan tips aman belanja online, jangan lupa dibaca selalu sebelum anda memutuskan untuk berbelanja online.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment